PSBB diperpanjang kembali di Jakarta?, pemeriksaan PSBB

609 Kasus Positif Covid-19 Baru, PSBB Jakarta Kembali Diperpanjang?

Nikita Yulia Ferdiaz

Pemerintah mengklaim bahwa laju pertambahan kasus positif Covid-19 semakin melambat yang artinya membawa kabar baik bagi negeri ini.

Berdasarkan data hari Selasa (2/6/2020), jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia kembali melonjak sekitar 609 orang, sehingga total kini ada 27.549 orang terkena Covid-19.

Juru bicara penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menyebutkan bahwa pasien yang meninggal akibat Covid-19 pun bertambah 22 orang, atau menjadi 1.663 orang.

Angka peningkatan kasus positif Covid-19 ini, memunculkan pertanyaan baru, apakah PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) kembali diperpanjang? Mengingat besok atau tepatnya Kamis (4/6/2020), PSBB akan berakhir

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan PSBB di kawasan DKI Jakarta kemungkinan bisa diperpanjang lagi setelah berakhir pada 4 Juni mendatang. Perpanjangan PSBB tersebut, terjadi bila angka positif virus Covid-19 terus meningkat, bila tidak meningkat transisi menuju new normal bisa berlaku setelah PSBB berakhir.

“Perpanjangan PSBB ini adalah masa menentukan, mengapa? Karena bila di hari-hari ini penularan di Jakarta menurun, angka kasus baru menurun, kemudian yang biasa digunakan oleh para ahli epidemiologi yang disebut dengan reproduction number, angkanya sekarang di Jakarta sekitar 1, bisa turun di bawah 1, maka sesudah 4 Juni, kita bisa melakukan transisi menuju normal baru,”

“Tetapi, bila hari-hari ke depan angkanya meningkat, karena kita mulai bebas, mulai bepergian, tidak disiplin menggunakan masker, tidak disiplin cuci tangan maka ada potensi kita harus memperpanjang (PSBB),”. kata Anies dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang diunggah di YouTube BNPB, Senin (25/5).

Anies menyebutkan pertimbangan yang sangat menentukan adalah kedisiplinan warga mematuhi PSBB, karena hal tersebut kata dia sangat menentukan apakah Jakarta siap untuk mengakhiri PSBB atau tidak. Jika PSBB  diakhiri, Pemerintah DKI telah menyiapkan protokol-prokotol di setiap sektor yang harus dipatuhi oleh warga dalam menjalani kenormalan baru.

Anies juga mengingatkan warga untuk tetap mematuhi PSBB dengan tetap membatasi pertemuan dan interaksi antar warga Ibu Kota. Karena , lanjut Anies jika hasil kajian dan pertimbangan-pertimbangannya belum terpenuhi maka PSBB akan kembali diperpanjang.

Namun hingga berita ini diturunkan, belum ada pemberitahuan lebih lanjut mengenai perpanjangan PSBB Jakarta kembali.

Lihat berita terkini dan terupdate hanya di aajwprinting.com/blog

——————————————————————————————————————–

Sumber: https://health.grid.id/read/352177494/penambahan-kasus-positif-corona-kembali-melonjak-hingga-609-orang-akankah-psbb-jakarta-kembali-diperpanjang?page=all

https://metro.tempo.co/read/1346556/anies-baswedan-ungkap-syarat-untuk-akhiri-psbb-jakarta/full&view=ok

https://twitter.com/TMCPoldaMetro/status/1267272113385123842/photo/1

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *