finishing emboss dan deboss

Apa itu Emboss & Deboss?

Apa itu Emboss & Deboss? Kedua hal ini merupakan finishing yang umum ditemui dalam dunia percetakan. Pernahkah Anda menemukan cover buku atau design packaging yang hurufnya timbul atau tenggelam?

Contoh Emboss

Huruf timbul itulah yang disebut finishing emboss dan huruf yang tenggelam disebut finishing deboss. Emboss memberikan efek timbul pada design yang dipilih sehingga memberikan efek 3d pada design. Deboss memberikan efek cekung/tenggelam pada design, berkebalikan dengan emboss.

Contoh Deboss

Pembuatan finishing emboss/deboss berawal dari pembuatan plat yang terdiri dari 2 bagian yaitu, bagian yang menonjol (jantan) dan bagian cekung (betina). Untuk finishing emboss kertas diletakkan diantara plat menonjol dan plat cekung, lalu ditekan menggunakan mesin sehingga design menjadi timbul. Untuk finishing deboss, peletakan kertas sama diantara dua plat, tetapi menukar antara plat yang menonjol dan cekung, lalu ditekan menggunakan mesin sehingga design menjadi tenggelam.

2 Finishing ini sering ditemukan pada hard cover buku-buku sekolah, kartu undangan, dan pada bahan kulit. Finishing ini biasanya digabungkan dengan teknik hotprint dengan poli emas/silver. Penggabungan teknik ini menampilkan design yang lebih eksklusif dan menarik perhatian.

Teknik finishing emboss dan deboss lebih efektif pada kertas dengan gramatur tebal karena efek yang ditampilkan lebih timbul.

——————————————————————————————————————–

Terimakasih sudah membaca artikel tentang apa itu emboss & deboss? Jangan lupa untuk kunjungi aajwprinting.com atau albertpromotion.com untuk kebutuhan cetakan atau barang promosi kalian ya!

——————————————————————————————————————–

Sumber:

https://www.elegantweddinginvites.com/product/rose-gold-foil-we-do-calligraphy-wedding-invitation-on-vellum-paper-ewfi030/

https://www.onedarnleyroad.com/work/cristalino-lodge

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *