johannes gutenberg, percetakan jakarta tangerang, percetakan anugrah abadi jaya wisesa

Johannes Gutenberg

Johannes Gensfleisch zur Laden zum Gutenberg atau yang dikenal sebagai Johannes Gutenberg (sekitar 13983 Februari 1468), merupakan seorang pandai emas Jerman, tukang cetak, penerbit, dan penemu. Pengenalan beliau tentang movable-type mekanik mesin cetak pada Eropa memulai revolusi percetakan dan dianggap pada milenium kedua sebagai kejadian yang penting, mengantarkan pada periode modern dalam sejarah manusia. Kejadian ini menjadi peran kunci dalam pengembangan Renaissance, Reformation, Age of Enlightenment, revolusi ilmiah, dan membuat material dasar bagi ilmu ekonomi modern serta penyebaran pembelajaran kepada semua orang. Sejarah percetakan modern dunia diawali oleh penemuan mesin cetak oleh Johannes Gutenberg.

Masa Muda

Gutenberg lahir di Kota Mainz, Jerman, yang merupakan anak putra bungsu dari bangsawan Friele Gensleisch zur Laden dan istri keduanya, Else Wyrich, yang merupakan anak dari penjaga toko. Menurut beberapa sumber, Friele merupakan pandai emas yang bekerja untuk uskup di Mainz, tetapi kemungkinan besar dia terlibat dalam perdagangan kain. Tahun kelahiran Gutenberg tidak pasti, kemungkinan diantara 1394 dan 1404. Tahun 1890, Kota Mainz menyatakan secara resmi bahwa tanggal 24 Juni, 1400 merupakan tanggal lahir beliau.

Nama keluarga Gutenberg diperoleh dari rumah yang ditinggali ayahnya dan leluhur dari pihak ayahnya “zu Laden, zu Gutenberg”. Bangsawan (elit politik dan orang kaya) di Kota Mainz seringkali dinamai sesuai dengan rumah yang mereka punya. Sekitar tahun 1427, nama zu Gutenberg, setelah rumah keluarga di Mainz, di dokumentasi pernah digunakan pertama kalinya.

Tahun 1411, terdapat pemberontakan di Kota Mainz terhadap kaum bangsawan, ratusan keluarga dipaksa untuk pergi meninggalkan kota tersebut. Alhasil, keluarga Gutenberg dianggap meninggalkan Kota Mainz dan telah pindah ke Eltville am Rhein (Alta Villa), tanah warisan milik ibunya. Menurut sejarahwan Heinrich Wallau, “Yang diketahui tentang masa mudanya adalah dia tidak berada di Kota Mainz pada tahun 1430, dianggap bahwa dia bermigrasi karena alasan politik ke Strasbourg, dimana keluaganya memiliki koneksi. Gutenberg juga dianggap pernah belajar di Universitas Erfurt, dimana terdapat catatan pendaftaran murid bernama Johannes de Altavilla tahun 1418.”

Tahun 1419, nama beliau disebut dalam proses pewarisan. Maret 1434, terdapat surat yang menunjukan dia tinggal di Strasbourg, dimana dia mempunyai keluarga dari pihak ibunya. Gutenberg juga pernah menjadi pandai emas yang terdaftar di Strasbourg militia. Tahun 1436/1437, nama Gutenberg muncul di pengadilan dengan perempuan dari Strasbourg, Ennelin karena janji pernikahan yang dilanggar.

Sekitar tahun 1439, Gutenberg terlibat dalam kesalahan finansial dalam pembuatan cermin logam yang dipoles untuk dijual penziarah ke Kota Aachen. Tahun 1439 Kota Aachen berencana untuk memamerkan koleksi relik dari Kaisar Charlemagne, tetapi acaranya ditunda selama 1 tahun karena banjir parah dan uang yang sudah dipakai tidak bisa dilunasi kembali. Ketika muncul para pertanyaan investor, Gutenberg telah berjanji untuk membagikan sebuah rahasia. Spekulasi dari rahasia tersebut adalah ide untuk mencetak dengan movable-type.  

Johannes Gutenberg, percetakan jakarta tangerang, percetakan anugrah abadi jaya wisesa
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Featherbed_Alley_Printshop_Bermuda.jpg

Tahun 1440, dikatakan Gutenberg telah menyempurnakan dan membuka rahasia percetakan berdasarkan riset, yang secara misterius berjudul Aventur und Kunst (perusahaan dan seni)

Terdapat jarak 4 tahun dalam catatan sejarah, tahun 1448, Gutenberg kembali lagi ke Kota Mainz, dimana dia mengambil pinjaman dari saudara iparnya, Arnold Gelthus, kemungkinan dipakai untuk percetakannya atau perlengkapannya.

https://www.britannica.com/biography/Johannes-Gutenberg

Tahun 1450, percetakan sudah beroperasi dan sebuah puisi Jerman sudah dicetak, kemungkinan barang pertama yang dicetak disana. Gutenberg bisa meyakinkan Johann Fust untuk meminjamkan sebanyak 800 guilders. Peter Schöffer yang menjadi menantu Fust, juga mengikuti perusahaan tersebut, Peter bekerja sebagai penulis di paris dan dipercayai telah mendesain beberapa tipe typeface.

Workshop Gutenberg didirikan di Hof Humbrecht, properti milik saudara jauh. Penyusunan proyek alkitab oleh Gutenberg tidak terlalu jelas kapan, tetapi karena hal ini dia meminjam 800 guilders lagi dari Faust, pekerjaan dimulai tahun 1452. Pada saat yang sama percetakannya juga sedang mencetak yang lain, teks yang menguntungkan (tata bahasa Latin). Terdapat juga spekulasi bahwa terdapat 2 percetakan, teks untuk pejalan kaki, dan untuk alkitab, salah satu yang usaha yang mendapat banyak laba adalah dengan mencetak ribuan indulgensi dari tahun 1454 sampai 1455.

Tahun 1455 Gutenberg menyelesaikan alkitab 42 barisnya, yang disebut alkitab Gutenberg. Sekitar 180 salinan telah dicetak pada kertas dan kulit binatang.

Kasus Pengadilan

Tahun 1456, terdapat perselisihan antara Gutenberg dan Fust, Fust menuntut untuk uangnya kembali, menuding Gutenberg menyalahgunakan dananya. Pinjaman 2x Gutenberg dengan total 1.600 guilders memiliki bunga 6%, menjadi 2.026 guilders. Fust menguggat pada pengadilan uskup agung. November 1455 sebuah catatan dokumen legal tertulis kerjasama untuk proyek buku, menguatkan tudingan bahwa pendanaan miliknya digunakan untuk tujuan lain, menurut Fust. Pengadilan memutuskan untuk mendukung Fust, dan memberikan kontrol atas workshop percetakan alkitab dan setengah dari semua alkitab yang tercetak.

Gutenberg pun menjadi bankrut, tetapi ternyata dia mempertahankan (atau mengulang) sebuah toko cetak yang kecil, dan berpartisipasi dalam pencetakan alkitab di Kota Bamberg sekitar tahun 1459, dimana ia menyumbangkan type-nya. Tetapi karena buku hasil cetaknya tidak pernah menuliskan nama dia atau tanggal, menjadi susah untuk menetapkan buku hasil cetakannya benar atau tidak. Terdapat kemungkinan juga bahwa large Catholicon dictionary yang Berjumlah 300 salinan yang terdiri dari 754 halaman, di cetak di Mainz tahun 1460, dicetak dalam workshop-nya.

Sedangkan toko Fust-Schoffer merupakan yang pertama di Eropa untuk mengeluarkan pertama dengan nama dan tanggal pencetakan, the Mainz Psalter Agustus 1457, dan dengan bangga menyatakan bagaimana proses pencetakannya, mereka sama sekali tidak menyebut Gutenberg.

Tahun 1462, selama perang Mainz Diocesan Feud, Mainz dijarah oleh uskup agung Adolph von Nassau, dan Gutenberg diasingkan. Gutenberg pindah ke Eltville dimana kemungkinan dia telah memulai dan mensupervisi percetakan terbaru milik Bechtermünze bersaudara.

Januray 1465, prestasi Gutenberg dikenali dan dia diberikan gelar Hofmann (gentleman of the court) oleh von Nassau. Pemberian gelar ini termasuk upah tetap, pakaian pengadilan tahunan, dan juga 2.180 liter beras dan 2000 liter anggur tanpa pajak.

Gutenberg meninggal tahun 1468 dan dikubur di Gereja Franciscan di Mainz, sebelum konstribusi akan dunia percetakannya dikenal. Gereja dan kuburan ini kemudian dihancurkan dan kuburan Gutenberg hilang. Tahun 1504, Gutenberg disebut oleh penemu typography dalam buku Prof. Ivo Wittig.

https://www.britannica.com/biography/Johannes-Gutenberg

Beberapa hasil cetak dikaitkan dengan Gutenberg. Hasil cetakan tersebut dianggap sebagai hasil kerja percetakan kecil yaitu: 36 baris alkitab yang dicetak di Bamberg, typography yang diatur ulang untuk 42 baris alkitab. Dikaitkan kepada Gutenberg sendiri yaitu Türkenkalender, sebuah peringatan terhadap bahaya dari invasi Turki setelah keruntuhan Constantinople tahun 1453, dicetak Desember 1454 untuk digunakan tahun 1455, beberapa surat indulgensi dan tata bahasa sekolah.


Terimakasih sudah membaca artikel tentang sejarah percetakan! Jangan lupa untuk kunjungi aajwprinting.com atau albertpromotion.com untuk kebutuhan cetakan atau barang promosi kalian ya!


Sumber:

https://en.wikipedia.org/wiki/Johannes_Gutenberg

https://www.britannica.com/biography/Johannes-Gutenberg/Printing-of-the-Bible

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *