percetakan offset, digital printing

Offset Printing vs Digital Printing

Offset printing merupakan teknik cetak yang sering digunakan untuk mencetak selain digital printing. Apa yang membuat offset printing berbeda dengan digital printing? Apa kelebihan dan kekurangannya? Yuk Kita simak dahulu pengertian Offset printing.

Offset Printing

Offset printing merupakan teknik cetak yang umum digunakan oleh perorangan maupun perusahaan besar. Teknik cetak yang digunakan offset printing adalah desain yang ingin dicetak dipindahkan dari sebuah plat ke lapisan yang terbuat dari karet, lalu ke atas permukaan bahan yang ingin dicetak. Roller tinta memindahkan gambar/desain ke permukaan bahan yang dicetak. Teknik cetak offset menggunakan tinta basah sehingga memerlukan proses pengeringan saat selesai dicetak.

Setiap mesin Offset Printing memiliki unit warna. Terdapat mesin cetak yang memiliki 1, 2, 3, 4 unit. Setiap unit warna mewakili CMYK (Cyan, Magent, Yellow, Black). Setiap unit memiliki salah satu warna tersebut. Mesin Offset Printing juga menggunakan banyak tempat karena mesinnya yang besar mengikuti berapa unit warna yang dipunya. Semakin sedikit unit warna yang dipunya, semakin kecil pula mesin offset.

Kelebihan Offset Printing

  • Mencetak dalam jumlah banyak dalam waktu yang singkat.
  • Kualitas warna yang konsisten, karena terdapat pengaturan pada bagian warna langsung pada mesin.
  • Biaya yang jauh lebih murah dibanding digital printing, dalam memproduksi jumlah yang banyak.
  • Jenis-jenis kertas yang digunakan bermacam-macam tergantung kebutuhan dan kemampuan mesin dalam mencetak bahan yang tebal.
  • Terdapat warna khusus, agar warna yang tercetak konsisten dan unik.

Kekurangan Offset Printing

  • Waktu yang lebih lama dibanding digital printing, karena panjangnya proses percetakan dari awal hingga akhir.
  • Proses yang kurang ramah lingkungan karena banyak material-material yang dipakai sebelum dan saat percetakan dimulai.
  • Biaya yang mahal bila mencetak dalam jumlah sedikit.
Digital Printing | https://www.printersandpresses.com

Digital Printing

Digital Printing merupakan teknik cetak yang berbasis digital. Menggunakan gambar berbasis digital dalam bentuk file hasil desain, kemudian langsung dicetak pada berbagai kertas sesuai dengan kebutuhan.  Teknik cetak yang digunakan digital printing lebih simpel daripada offset printing. Dengan memasukan hasil desain berupa file ke komputer lalu langsung dicetak pada mesin cetak. Teknik cetak ini sangat menghemat waktu dalam mencetak hasil desain yang jumlahnya sedikit.

Cara Kerja Digital Printing | http://austinmmp.blogspot.com

Mesin cetak digital printing memiliki berbagai macam jenis, dari printer rumahan khusus untuk mencetak kebutuhan rumah, hingga printer berukuran besar untuk mencetak hasil cetakan yang berukuran besar dan beragam kertas. Mesin cetak digital printing juga tidak menggunakan banyak tempat dibanding mesin offset, karena ukurannya yang beragam bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Kelebihan Digital Printing

  • Mencetak jumlah sedikit dalam waktu yang singkat.
  • Warna yang dicetak biasanya lebih terang dibanding offset
  • Biaya yang jauh lebih murah dalam mencetak jumlah yang sedikit
  • Bisa mencetak berbagai ukuran dan jenis-jenis kertas sesuai dengan kemampuan mesin masing-masing

Kekurangan Digital Printing

  • Warna yang kurang konsisten dalam mencetak jumlah banyak.
  • Harga yang lebih mahal bila mencetak dalam jumlah banyak

Itulah perbedaan mesin offset printing dan digital printing. Setiap teknik cetak memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Bila Anda ingin mencetak dalam jumlah banyak pertimbangkan untuk menggunakan offset printing, tetapi harus menunggu lebih lama dan biaya yang dicetak tidak sedikit karena sekali cetak dalam jumlah banyak, sedangkan bila Anda ingin mencetak dalan jumlah sedikit gunakan digital printing, tetapi warna yang dihasilkan berbeda-beda pada setiap cetakan karena warna yang tidak bisa diatur pada mesinnya. Jadi ingin mencetak dengan teknik apa Anda hari ini?

——————————————————————————————————————–

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Offset Printing vs Digital Printing! Jangan lupa untuk kunjungi aajwprinting.com atau albertpromotion.com untuk kebutuhan cetakan atau barang promosi kalian ya!

——————————————————————————————————————–

https://en.wikipedia.org/wiki/Offset_printing

https://en.wikipedia.org/wiki/Digital_printing

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *