PSBB transisi diperpanjang

PSBB Transisi diperpanjang

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada kamis lalu (30/07/2020), mengumumkan bahwa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi diperpanjang mulai Jumat (31/7/2020) selama 14 hari. Keputusan tersebut diambil Anies dikarenakan penyebaran COVID-19 di Jakarta justru mengalami kenaikan belakangan ini. Belum membaiknya DKI Jakarta juga terlihat pada positivity rate yang masih di angka 6,5 persen dan reproduksi efektif (Rt) Covid-19 masih 1.

“Kondisinya belum mengalami perbaikan dari dua minggu yang lalu sampai dengan sekarang bisa dibilang kondisinya relatif sama, Karena itu, dengan mempertimbangkan semua kondisi, kita memutuskan untuk memperpanjang PSBB sampai 13 Agustus“ kata Anies.

Ganjil genap diaktifkan

Anies juga mengaktifkan kembali aturan ganjil genap kendaraan dan berencana memberlakukan denda progresif untuk perusahaan pelanggar PSBB. Pemberlakukan ganjil genap akan dimulai pekan depan pada hari Senin (03/07/2020). Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan bahwa penerapan ganjil genap saat PSBB transisi masih sama seperti sebelum pandemic COVID-19. Aturan ganjil-genap hanya berlaku pada Senin-Jumat dan tidak berlaku pada hari Sabtu, Minggu, serta hari libur nasional. Aturan ganjil genap pada saat PSBB transisi ini hanya berlaku pada kendaraan beroda empat. Terdapat beberapa jenis kendaraan yang diperbolehkan  tetap melinatas pada area ganjil genap, yaitu:

  1. Kendaraan yang membawa masyarakati disabilitas.
  2. Ambulans.
  3. Pemadam kebakaran.
  4. Angkutan umum (pelat kuning).
  5. Kendaraan berbahan bakar listrik.
  6. Kendaraan angkutan barang khusus bahan bakar minyak dan gas.
  7. Kendaraan pimpinan lembaga tinggi negara RI, yakni Presiden atau Wakil Presiden; Ketua MPR atau DPR atau DPD; Ketua MA, MK, KY, BPK.
  8. Kendaraan berpelat dinas, TNI dan Polri.
  9. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara.
  10. Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas
  11. Kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas POLRI. Contohnya, kendaraan pengangkut uang (Bank Indonesia, antar bank, pengisian ATM) dengan pengawasan dari POLRI.

“Aturan tersebut akan diterapkan pada jam tertentu pada pagi dan sore hari. “jamnya tetap, pagi hari pukul 06.00-10.00 dan sore jam 16.00-21.00” Kata Syafrin.

Denda progresif bagi perusahaan

Selain penerapan kembali aturan ganjil genap, Anies mengatakan bahwa Pemprov DKI akan memberlakukan denda progresif bagi perusahaan atau tempat usaha yang berulang kali melanggar aturan PSBB. Perkantoran dan tempat usaha diizinkan beroperasi dengan membatasi jumlah karyawan dan pengunjung, serta menerapkan shift kerja bagi karyawan. Penerapan denda tersebut diberlakukan karena masih terdapat perusahaan dan tempat usaha yang belum mematuhi protokol Kesehatan pencegahan COVID-19, hal ini diduga sebagai penyebab munculnya klister baru COVID-19.

“Kami akan berlakukan denda progresif kepada pelanggaran berulang atas kegiatan usaha yang sebelumnya pernah dapat teguran. Pemprov DKI juga akan ketatkan pengawasan setiap usaha dan aktivitas public di Jakarta. Kami akan umumkan secara resmi di situs kita tentang pelanggaran usaha yang terjadi dan penindakannya. Semua kegiatan usaha enggak boleh risikokan kegiatan orang yang terlibat didalamnya, harus tanggung jawab. Kalau ada pelanggaran, laporkan, akan kami tindak.” Ungkap Anies.

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Fify Mulyani menjelaskan bahwa “Untuk positivity rate atau persentase kasus positif pekan lalu di Jakarta sebesar 6,5%, sedangkan Indonesia sebesar 13,6%. WHO menetapkan standar persentase kasus positif tidak lebih dari 5%.” Ujar Fify.

——————————————————————————————————————–

Terimakasih sudah membaca artikel tentang PSBB transisi diperpanjang! Jangan lupa untuk kunjungi aajwprinting.com atau albertpromotion.com untuk kebutuhan cetakan atau barang promosi kalian ya!

——————————————————————————————————————–

Sumber:

https://megapolitan.kompas.com/read/2020/08/03/05173891/ganjil-genap-di-jakarta-mulai-diterapkan-simak-fakta-lengkapnya?page=all

https://megapolitan.kompas.com/read/2020/07/31/05551661/psbb-transisi-jakarta-diperpanjang-diberlakukan-ganjil-genap-kendaraan?page=all

You may also like...

Popular Posts

1 Comment

  1. Hey there. I found your site by the use of Google even as searching for a similar topic, your website came up. It seems to be great. I have bookmarked it in my google bookmarks to come back then. Michele Inness Rothenberg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *