Ledakan di Beirut, puluhan meninggal dan ribuan terluka.

Kabar duka datang dari Beirut, Lebanon. Sebuah ledakan besar terjadi di Kota Beirut pada hari Selasa (04/08/2020), mengakibatkan puluhan warga dilaporkan meninggal dunia dan ribuan terluka.

Ledakan yang terjadi didekat pelabuhan Beirut itu mengeluarkan asap yang berbentuk seperti jamur yang mengeluarkan gelombang udara yang sangat cepat  membalikan mobil-mobil dan merusak bangunan. Berikut video ledakan yang terjadi di Lebanon.

Ledakannya merusak bangunan-bangunan di kota, rumah sejauh 10km juga terkena dampaknya. Salah satu penghuni Beirut yang berjarak beberapa kilometer dari tempat ledakan mengatakan ” terasa seperti gempa bumi, apartemen bergoyang dan mendadak terasa seperti ledakan, kaca dan pintu terbuka paksa, gelas langsung pecah. Banyak rumah yang rusak atau bahkan hancur.” kata Rania Masri kepada CNN.

Ledakan di Beirut.
Blast In Beirut |
google earth, graphic by: Natalie Croker. CNN

UGD dipenuhi dipenuhi dengan warga yang terluka, sedangkan Palang Merah Lebanon memohon sumbangan darah di Twitter untuk menolong yang terluka.

Sekitar 78 orang meninggal karena ledakan tersebut dan 4000 orang terluka, menurut Menteri Kesehatan Hamad Hasan. Perdana Menteri Hassan Diab menyatakan, sebanyak 2.750 amonium nitrat yang disimpan selama bertahun-tahun dalam gudang di tepi laut, disinyalir sebagai penyebab insiden. Amonium nitrat merupakan pupuk pertanian.

Amonium Nitrat

Amonium Nitrat
Amonium Nitrat |
https://bit.ly/39VyYDy

Dilansir dari situs web kesehatan dan keselamatan kerja pemerintah negara bagian Australia, ammonium nitrat merupakan bahan tidak berbau, yang biasanya berbentuk butiran, kristal, dan berwarna putih. Zat ini merupakan oksidator yang kuat dan dapat bereaksi keras dengan bahan yang tidak cocok lainnya, sehingga penyimpanan dan penanganannya diperlukan langkah-langkah yang benar. Zat ini diklasifikasikan sebagai kelas 5.1 agen pengoksidasi dibawah kode Australian Dangerous Goods (ADG) dan bahan kimia berbahaya di bawah Globally Hamonized System (GHS).

Amonium Nitrat kerap digunakan untuk meningkatkan kandungan nitrogen pada pupuk pertanian, selain murah dan relative stabil menjadikan zat ini popular dibandingkan sumber nitrogen yang lainnya. Jika bersentuhan dengan api atau sumber lain ammonium nitrat dapat meledak, ledakan terjadi karena ammonium nitrat pada terurai dengan cepat menjadi 2 gas yaitu nitrogen oksida dan uap air. Karena sifatnya yang dapat meledak, ammonium nitrat seringkali dijadikan komponen campuran peledak yang digunakan dalam konstruksi pertambangan, penggalian, dan konstruksi sipil.

——————————————————————————————————————–

Sumber:

https://edition.cnn.com/2020/08/04/middleeast/beirut-explosion-port-intl/index.html

https://www.kompas.com/tren/read/2020/08/05/082932665/ledakan-di-beirut-lebanon-dan-dugaan-sumber-penyebabnya?page=all

https://edition.cnn.com/videos/world/2020/08/04/beirut-lebanon-explosion-ben-wedeman-live-amanpour-vpx.cnn

You may also like...

Popular Posts

1 Comment

  1. I know, the pink hue is great! Thanks for visiting x Rosy Alon Blanchette

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *